I KERAGAMAN, HERITABILITAS DAN KORELASI GENOTIPIK JAGUNG KULTIVAR LOKAL KEBO HASIL SELEKSI MASSA DALAM SYSTEM TANAM TUMPANGSARI

Main Article Content

Ir. Idris, MP.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman tanaman setelah diseleksi,  heritabilitas dalam arti luas dan korelasi genotipik antar hasil dengan sifat-sifat lain.  Penelitian dirancang dengan Rancangan Acak Kelompok  dalam lima perlakuan populasi jagung kultivar local Kebodan varietas unggul Gumarang sebagai pembanding. Data dianalisis dengan analisis keragaman pada taraf nyata 5 % dan fenotipe, heritabilitas dan korelasi geotipik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa populasi jagung kultivar local Kebo masih menunjukkan keragaman yang tinggi sehingga belum dapatdilepas sebagai  varietas unggul.Semua sifat memiliki nilai heritabilitas dalam arti luas yang tinggi kecuali diameter tongkol (sedang) dan berat biji pipil kering per tongkol (rendah). Jumlah daun, panjang tongkol dan diameter tongkol memiliki  korelasi genetik yang  positif nyata terhadap  berat biji pipil kering per tongkol. Kacang tanah yang ditanam pada populasi  jagung kultivar local kebo hasil seleksi massa menunjukkan pertumbuhan dan hasil yang lebih baik dan berbeda nyata dengan kacang tanah yang ditanam pada varietas Gumarang.

Article Details

How to Cite
MP., Ir. Idris,. I KERAGAMAN, HERITABILITAS DAN KORELASI GENOTIPIK JAGUNG KULTIVAR LOKAL KEBO HASIL SELEKSI MASSA DALAM SYSTEM TANAM TUMPANGSARI. CROP AGRO, Scientific Journal of Agronomy, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 85-93, aug. 2018. ISSN 2621-5748. Available at: <https://cropagro.unram.ac.id/index.php/caj/article/view/196>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles