STUDI PENDAHULUAN TENTANG PENYAKIT BUSUK BATANG PADA TANAMAN BUAH NAGA DI KABUPATEN LOMBOK UTARA PRELIMINARY STUDY ON STEM ROT DISEASES IN PITAYA GROWN IN NORTH LOMBOK

Main Article Content

Mulat snaini1 Irwan Muthahanas1 I Komang Damar Jaya2

Abstract

ABSTRAK


 


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab penyakit busuk batang pada tanaman buah naga di Kabupaten Lombok Utara. Metode yang digunakan adalah isolasi secara langsung dari batang yang sakit dan dari sampel tanah. Media yang digunakan untuk menumbuhkan jamur adalah Water Agar (WA) dan Potato Dextrose Agar (PDA) ditambah dengan antibiotik Streptomicyn sulfat. Sedangkan medium yang digunakan untuk menumbuhkan bakteri dan actinomycetes adalah Nutrient Agar (NA). Identifikasi patogen dilakukan dengan cara pengamatan deskriptif terhadap morfologi jamur-jamur yang ditemukan berdasarkan pengamatan di bawah mikroskop. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa yang berasosiasi dengan penyakit busuk batang adalah jamur Genus Phytophthora dan Fusarium. Sedangkan mikroorganisme yang berasosiasi adalah bakteri, actinomycetes, dan jamur-jamur Genus Pythium, Sclerotium, Rhizoctonia dan Acremonium.


ABSTRACT


 


The aim of this study was to determine the causal agents of stem rot disease on dragon fruit planted in North Lombok. Direct isolation from stem rot and soil sample were used in this study. Media for the growth of the fungi were Water Agar (WA) and Potato Dextrose Agar (PDA) suplemented with antibiotic Streptomicyn sulfat. Nutrient Agar was used to grow the bacteria and actinomycetes. Methods used to identify the fungi were description upon microscopic observation of the fungal morphology. The results show that the primary fungi associated with basal stem rot were fungi of the genus of Phytophthora and Fusarium and several microorganisms associated with the disease were bacteria, actinomycetes, and the fungi Genus of Pythium, Sclerotium, Rhizoctonia dan Acremonium.

Article Details

How to Cite
SNAINI1, Mulat; MUTHAHANAS1, Irwan; DAMAR JAYA2, I Komang. STUDI PENDAHULUAN TENTANG PENYAKIT BUSUK BATANG PADA TANAMAN BUAH NAGA DI KABUPATEN LOMBOK UTARA. CROP AGRO, Scientific Journal of Agronomy, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 109-114, jan. 2018. ISSN 2621-5748. Available at: <https://cropagro.unram.ac.id/index.php/caj/article/view/44>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles