RS EVALUASI KETAHANAN BEBERAPA GENOTIPE HASIL PERSILANGAN BLEWAH (Cucumis melo var cantalupensis) DENGAN MELON (Cucumis melo) TERHADAP HAMA KUMBANG DAUN (Aulacophora sp.)

Main Article Content

Rosyita Sholihatin

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketahanan galur-galur hasil persilangan tanaman blewah dengan melon pada keturunan F4 terhadap hama kumbang daun dan mengetahui pengaruh investasi hama kumbang daun terhadap hasil dan pertumbuhan tanaman. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap. Perlakuan terdiri atas sepuluh genotipe yaitu delapan galur F4 (G1 – G8) hasil persilangan blewah dengan melon, tetua betina (blewah) dan tetua jantan (melon). Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali, sehingga diperoleh 30 unit percobaan. Data dianalisa menggunakan analisis keragaman pada taraf nyata 5 % dan jika perlakuannya berbeda nyata diuji lanjut mennggunakan DMRT. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Galur-galur hasil persilangan tanaman blewah dan melon pada keturunan F4 memiliki sifat tahan terhadap hama kumbang daun dengan umur tanaman yang berbeda. Galur F4-3, F4-4, F4-6, dan F4-7 relatif lebih tahan dibandingkan galur lainnya. (2) Keturunan F4 hasil persilangan blewah dan melon yang dengan diinvestasi hama kumbang daun tidak menunjukkan perbedaan pertumbuhan dan hasil tanaman kecuali jumlah daun. (3) Peningkatan jumlah hama kumbang daun pada tanaman hasil persilangan meningkatkan intensitas serangan dan sebaliknya jumlah kumbang semakin rendah intensitas serangan juga semakin menurun.


Kata Kunci : Ketahanan Tanaman, Hama, Blewah, Melon

Article Details

How to Cite
SHOLIHATIN, Rosyita. RS EVALUASI KETAHANAN BEBERAPA GENOTIPE HASIL PERSILANGAN BLEWAH (Cucumis melo var cantalupensis) DENGAN MELON (Cucumis melo) TERHADAP HAMA KUMBANG DAUN (Aulacophora sp.). CROP AGRO, Scientific Journal of Agronomy, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 146-163, july 2020. ISSN 2621-5748. Available at: <https://cropagro.unram.ac.id/index.php/caj/article/view/587>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.29303/caj.v13i2.587.
Section
Articles